Senin, 11 Januari 2010

INFORMASI MENGENAI DIABETES

Kebanyakan orang berpikir kalau orangtuanya atau kakek neneknya menderita diabetes maka keturunannya akan menderita diabetes, banyak pula yang beranggapan bahwa diabetes hanya menyerang orang yang sudah tua umur 65 tahun keatas sedangkan anak-anak tidak mungkin menderittas diabetes, apakah anggapan itu benar? Ternyata tidak benar karena banyak ditemukan anak-anak yang menderita diabetes.
Indonesia adalah dengan dengan penderita diabetes tertinggi ke-4 dunia setelah Amerika Serikat, China, India. Berdasarkan statistik pada tahun 2000 ditemukan 8,4 juta penderita diabetes, kemudian pada tahun 2006 menjadi 14 juta, penderitanya akan naik terus dan pada tahun 2030 diperkirakan akan mencapai 21 juta, tetapi hanya 50% dari jumlah tadi yang sadar bahwa dirinya menderita diabetes karena tidak pernah memerikasakan darahnya sehingga berpotensi untuk menderita komplikasi-komplikasi yang sangat berat akibat tidak merubah pola makan dan tidak pernah berolahraga. Dari 50% yang sadar menderita diabetes juga tidak semuanya mau mengubah pola hidupnya.


1.      Penyebab Diabetes
Diabetes Melitus adalah suatu kondisi dimana kadar gula dalam darah tinggi. Kadar gula darah dikatakan normal bila dari hasil test darah pada saat puasa (tidak makan dan minum 12 jam sebelum pengambilan darah, tapi boleh minum air) adalah 70-110 mg/dl (deciliter). Setelah itu biasanya kita diminta makan dan kembali lagi dua jam itu untuk diambil lagi darahnya dimana bisa dikatakan normal bila kadar gula dalam darah adalah 120-140 mg/dl. Adalagi test yang lebih sensitif namanya Hba 1C yang menguji kada gula darah yang sudah terikat dalam Haemoglobin dan sangat sensitif. Untuk orang normal kadar Hba 1C nya harus dibawah 6, kalau diatas itu sudah dikatakan menderita diabetes.
Menurut peraturan PERKENI (Persatuan Ahli Diabetes diIndonesia) seseoarang dikatakan menderita diabetes bila gula darah puasa 126 mg/dl keatas atau pada kondisi apapun ditest kadar gula darahnya mencapai 200 mg/dl keatas. Apabila kadar gula darah cukup tinggi tapi masih dibawah kriteria diabetes dari PERKENI maka dikatakan menderita pra Diabetes (calon-calon penderita diabetes). Dimana 20% dari usia 40 sampai 74 tahun menderita pra Diabetes, sedangkan dalam hubungan dengan resiko terkena serangan jantung menjadi 1,5 kali dibandingkan orang normal. Apabila sudah menderita diabetes resiko menderita serangan jantung menjadi 2 hingga 4 kali orang normal dimana serangan jantung merupakan penyebab kematian terbesar di indonesia. Kebanyakan orang yan menderita diabetes meninggal bukan karena diabetesnya tetapi akibat komplikasi yang ditimbulkan seperti serangan jantung tadi.
Apabila masih normal atau sudah ada dalam pra Diabetes satu-satunya jalan yang paling efektif untuk mencegah Diabetes adalah dengan mengubah pola hidup.

Gula darah normal terjadi dari makanan yang masuk kelambung untuk dihancurkan kemudian diusus halus diserap oleh darah sehingga kadar gula darah akan sedikit naik karena mengandung karbodhidrat, kemudian darah akan melewati pankreas yang akan menghasilkan insulin agar gula darah bisa masuk kedalam sel untuk dibakar menjadi tenaga, jadi insulin berfungsi seperti kunci yang membuka dinding sel (lubang kunci) agar gula darah bisa masuk ke dalam sel untuk dibakar menjadi tenaga. Setelah gula darah dibakar maka kadar gula darah akan turun lagi karena sudah habis dibakar.

Diabetes ada 2 tipe yaitu :
  • Tipe 1 adalah diabetes yang terjadi karena rusaknya pankreas sehingga tidak bisa menghasilkan insulin, sehingga gula darah tidak bisa masuk ke dalam sel. Biasanya terjadi pada usia 30 tahun kebawah biasanya pada anak-anak karena pankreasnya rusak akibat polutan, bahan2 kimia dalam makanan, infeksi, dan gizi buruk. Cara penanganannya biasanya disuntik dengan insulin.
  • Tipe 2 adalah diabetes yang terjadi karena rusaknya dinding sel sehingga insulin tidak bisa membuka dinding sel agar gula darah bisa masuk kedalam sel. Terjadi pada usia diatas 30 tahun yang diakibatkan karena Obesitas. Cara penanganannya dengan diberikan obat minum, tetapi pada beberapa kasus yang parah bisa juga diberi suntikan insulin.

Penyebab Diabetes dapat dirinci sebagai berikut :
a.       Kurang aktifitas atau olahraga biasanya penderita diabetes tipe 2.
b.      Konsumsi Karbohidrat atau zat gule berlebihan seperti : permen, softdrink (dalam 1 kaleng softdrink mengandung 6 sendok gula), cake.
c.       Kadar hormon Kortikosteroid yang tinggi, biasanya obat asma atau alergi yang isinya dexametason (obat gemuk) yang berfungsi untuk mencegah cairan keluar.
d.      Kehamilan tapi sifatnya sementara namanya getasional, setelah melahirkan biasanya normal lagi.
e.       Obat-obatan yang menyebabkan kerusakan pankreas.

Idealnya karbohidrat yang kita makan akan dibakar dalam sel menjadi tenaga tetapi itu terjadi bila tubuh membutuhkan tenaga, sedangkan bila kita sedikit melakukan aktifitas maka kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi lemak yang ditumpuk dalam perut dan darah biasanya. Jadi meski sedikit makan lemak tapi banyak karbohidrat tetap bisa menderita penyakit jantung koroner. Efek lain dari terlalu tinggi karbohidrat adalah pankreas akan bekerja terus menerus untuk menghasilkan insulin sehingga lama-lama pankreas bisa rusak karena harus kerja keras terus menerus akibatnya insulin berhenti diproduksi dan anda menderita diabetes yang komplikasinya bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

Gejala-gejala diabetes adalah sebagai berikut :
  • 3P (tiga P) Polidipsi (sering minum) akibatnya Poliuri (sering kencing), dan Polifagi suatu kondisi dimana sel-selnya kelaparan akibat gula darah tidak bisa masuk ke dalam sel, sehingga para penderita diabetes akan merasa kelaparan terus.
  • Sering mengantuk atau letih, jadi kalau nonton TV bisa tertidur didepan televisi.
  • Pandangannya menjadi kabur.
  • Kesemutan sebatas kaos kaki dan sarung tangan, karena disitu pembuluh darahnya kecil sehingga mudah tersumbat pembuluh darahnya. Lama-lama kesemutannya seperti sembuh tapi sebenarnya lebih parah karena sarafnya sudah mulai rusak sehingga menimbulkan rasa baal dan yang parah tertusuk paku pun tidak terasa.

2.      Bagaimana cara mencegahnya
  • Lakukan olahraga teratur 4 kali per minggu masing-masing 45 menit (mutlak penting) karena tanpa olahraga hal-hal lainnya menjadi tidak berarti.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat terutama gula.
  • Hindarkan makanan yan diproses dengan lemak sintetis seperti fast food, mie instant, junk food karena bisa merusak dinding sel.
  • Konsumsi nasi merah (dari beras merah) organik. Kenapa beras putih berbahaya silahkan lihat informasi pada link berikut : mengatasi proses penuaan. Salah satu penyebabnya adalah pemutih yang digunakan untuk memproses beras agar kelihatan putih.
  • Mengkonsumsi 3 (tiga) porsi sayuran organik setiap hari dan 6 (enam) porsi buah organik setiap hari. Dimana satu porsi setara dengan 1 cup gelas aqua. Sayuran dan Buah organik mengandung zat-zat yang dapat mencegah diabetes, namun bila tidak organik sudah kehilangan zat-zat untuk mencegah diabetes.
  • Hindarkan obesitas.
  • Supplementasi yang dibutuhkan Nutrilite Double-X 2x1, Salmon Omega 3 2x1, apalagi bila kurang makan sayur dan buah organik maka supplementasi Mutlak diperlukan. Apabila anda mengalami obesitas maka meski sudah diberi supplementasi tetap saja bisa terkena diabetes, jadi obesitas harus diatasi terlebih dahulu untuk infonya bisa dilihat di artikel Hidup Sehat dengan Berat Badan Ideal.

3.      Bila sudah kena bagaimana cara mengobatinya.
Ada 4 (empat) pilar yang sangat penting yaitu :
  • Edukasi atau pendidikan atau informasi : cari informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai diabetes, faktor pencetusnya, dan sebagainya. Jadi jangan berharap akan mendapatkan informasi yang lengkap dari hanya datang ke ruang praktek dokter.
  • Berolahraga : mutlak harus dilakukan.
  • Memperbaiki pola makan dan supplementasi.
  • Langkah terakhir adalah melalui pengobatan (diberi obat diabetes).

Keempat pilar ini harus dilakukan berurutan dan dalam pengawasan dokter, jadi jangan menggunakan shortcut langsung meminta obat penurun gula darah tanpa melalui tahap 1 – 3 (dampaknya tidak sehat).  Jadi bila langkah 1-3 sudah dilakukan masih juga tinggi kadar gula darahnya maka baru perlu untuk dilakukan pemberian obat-obatan penurun gula darah.

Untuk penderita Diabetes yang tidak menderita obesitas diberikan Paket Diabetes
  • Nutrilite Double-X 2x1 setelah makan.
  • Nutrilite Salmon Omega 3 2x1 setelah makan.
  • Nutrilite Hi-Protein 2 gelas perhari.
  • Nutrilite CLA-500 3x1 setelah makan.

Tapi bila mengalami obesitas maka paket ini tidak berlaku, solusinya lihat di artikel Hidup Sehat dgn Berat badan Ideal. Sering terjadi begitu obesitas diatasi maka kadar gula darah juga turun dengan sendirinya.

Kandungan Nutrilite Double-X yang sangat membantu penderita Diebetes adalah sebagai berikut :
  • Chromium sejumlah 60 micogram, yang akan membantu memperbaiki transport gula dan lemak agar bisa masuk kedalam sel dan dibakar menjadi energi dan membantu pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Jadi bila pankreas sudah mulai bermasalah maka Chromium sangat membantu pankreas untuk bisa berfungsi secara normal lagi.
  • Zinc sejumlah 7,5 micogram adalah salah satu bahan baku untuk memproduksi insulin dimana bahan baku lainnya adalah asam amino essential yang terdapat dalam Hi-Protein. Zinc juga melindungi dari serangan jantung (berdasarkan hasil penelitian).
  • Molibdenum sejumlah 21 micogram berfungsi untuk metabolisme karbohidrat agar mudah dibakar dalam sel, mendetok sulfit (zat yang sangat beracun) apabila kadar sulfit tinggi maka kerusakan selnya juga tinggi sekali. Mineral ini sangat membantu untuk mengeluarkan sulfit dari dalam tubuh. Info detail dapat dilihat di Mengatasi Proses Penuaan Dini.

Fungsi Salmon Omega 3 dalam mengatasi Diabetes adalah sebagai berikut :
  • Memperbaiki elastisitas dinding sel agar mudah di buka oleh insulin.
  • Mencegah dan membantu memperbaiki komplikasi akibat kerusakan dinding pembuluh darah. Salah satu komplikasi dari diabetes adalah rusaknya dinding pembuluh darah.
  • Mencegah dan membantu memperbaiki kerusakan saraf atau neuropati seperti kesemutan dan baal tadi.

Fungsi Hi-Protein dalam membantu mengatasi diabetes adalah sebagai berikut :
  • mengandung asam amino essential yang tidak bisa dihasilkan tubuh, bila jumlahnya kurang maka insulin yang dihasilkan juga akan kurang.
  • Sebagai bahan baku utama untuk pembentukan dan regenerasi sel dan jaringan yang rusak akibat komplikasi diabetes, karena sirkulasi darah terhambat maka sel-sel tidak mendapat darah yang cukup akibatnya sel-sel jadi rusak dan mati. Untuk menghasilkan sel-sel yang baru dibutuhkan asam amino essential.

Tidak semua asam amino essential memiliki kualitas yang sama, dan kualitas asam amino essential dalam Hi-Protein kalau diukur dengan standar PDCAAS (Protein Digestibiliy Corected Asam Amino Score) ditetapkan oleh WHO, dimana setiap bahan baku dikuru scorenya (mulai dari 0 sampai dengan 1 paling tinggi). Misal :
  • Kasein, putih telur, susu sapi, soy protein isolated scorenya 1.
  • Susu kedelai scorenya 0.91
  • Kacang merah 0.68
  • Daging sapi 0.95
  • Whole Wheat 0.54 dst.
Hi-Protein karena terbuat dari susu sapi dan soy protein isolated yang memiliki score 1 (satu) maka kualitasnya paling tinggi.

Fungsi CLA-500 yang mengandung Conjugated Linoleat Acid dalam membantu diabetes :
  • berfungsi meningkatkan sensitifitas dinding sel terhadap insulin. Banyak penelitian yang dilakukan seperti oleh Dr. Martha Peruri dari Pirgi University dan Dr. John Vendel dari penestate university melakukan penelitan terhadap CLA, dimana penderita Diabetes yang tadinya dinding selnya tidak mempan terhadap insulin setelah diberikan CLA jadi mempan lagi terhadap insulin, jadi CLA merupakan harapan baru bagi penderita diabetes.
  • Memperbaiki fungsi pankreas dimana pernah dilakukan penelitian terhadap tikus-tikus yang dirusak pankreasnya dan diberikan makanan tinggi karbohidrat maka tikus-tikus tersebut menderita diabetes tapi setelah diberikan CLA maka fungsi pankreas menjadi membaik dan tikus-tikus itu sembuh dari diabetes. Jadi untuk orang-orang denga diabetes tipe 1 yang masih baru CLA akan sangat memberi harapan bagi mereka..


Nutrilite adalah Food Supplemen yang artinya adalah pelengkap pengobatan jadi tidak bisa dijadikan pengganti dari pengobatan, tapi bila pengobatan dilengkapi dengan Food Supplemen Nutrilite maka hasilnya akan jauh lebih baik. Untuk penderita Diabetes yang dalam perawatan dokter harus meminta ijin dari dokter yang merawat dalam menggunakan Nutrilite ini.

Diabetes adalah penyakit yang paling banyak menimbulkan komplikasi maka itu disebut sebagai Biangnya semua penyakit (Mother of all Deseases). Dimana komplikasi yang ditimbulkan adalah akibat  :
  • rusaknya pembuluh darah, rusaknya syaraf
  • rusaknya organ-organ tubuh
  • peningkatan kadar gula darah yang sangat tinggi (Hyperglikemia).
  • Penurunan kadar gula darah yang sangat tinggi (Hypoglikemia). Ini lebih berbahaya ketimbang peningkatan yang cepat sekali

Komplikasi yang ditimbulkan oleh diabetes adalah sebagai berikut :
  • dinding pembuluh darah menjadi robek atau terkoyak, tersumbat oleh lemak atau pembekuan darah, biasanya diikuti dengan luka yang tidak sembuh-sembuh, dimana kulit disekitarnya kelihatan menghitam sebagai tanda aliran darah tidak lancar. Untuk kasus ini bisa diberikan Nutrilite Garlic & Licorice 3x1 setelah makan, karena mengandung zat anti bakteri dan anti jamur agar lukanya lebih steril tapi pemberian supplementasi ini harus dengan sepengetahuan dan seijin Dokter.
  • Gangren
  • Impotensi bisa tambahkan Ginko Biloba 2x2 + Paket Diabetes
  • Jantung Koroner info detail pada Penyumbatan Pembuluh Darah, Hipertensi, dan Jantung Koroner.
Ada 3 (tiga) tipe orang dalam menyikapi informasi kesehatan yaitu :
  1. Tidak suka dan tidak mau tahu tentang kesehatan, karena semakin tahu semakin takut
  2. Suka dengan informasi kesehatan dan mau mengikuti saran-saran yang diberikan asal tidak mengganggu kenyamanan orang tersebut.
  3. Suka dengan informasi kesehatan dan mau mengikuti saran-saran yang diberikan walaupun tidak nyaman asal sehat. Sayangnya tipe ini jumlahnya sedikit dibanding tipe 1 dan 2
Nah tipe 1 dan 2 adalah calon-calon pelanggan rumah sakit dan biayanya tinggi, tipe 3 adalah yang paling sehat dan hemat. Anda termasuk yang tipe mana ? Anda sendiri yang memutuskan. Semoga Informasi ini bermanfaat.

Sumber : CD atau Kaset Dr. Eddy Kristianto
Untuk Informasi E-Mail ke solusisehatoptimal@gmail.com


4 komentar:

  1. assalamualaikum wr,wb
    MBAH… saya IBU RAHMAN
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada AKI SUBANG
    atas nomor togelnya yang
    kemarin AKI berikan yaitu (9278).senin tgl 23 02 2015
    alhamdulillah.
    ternyata itu benar2 tembus
    AKI dan berkat bantuan
    AKI SUBANG saya menang togel 450 jt.dan bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKI alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan AKI SUBANG sekali lagi
    makasih banyak yah AKI…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi AKI SUBANG di nomor
    085319486041.
    dijamin 100% tembus atau
    silahkan buktikan sendiri

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak penjelasannya, menambah pengetahuan..

    BalasHapus
  3. kalau sudah banyak tanda-tandanya, coba cek gula darahnya.
    kalau sudah positif, konsumsi daun yakon untuk normalkan gula darah, lalu konsumsi rutin habbatussauda coba saja 12-24 bulan, insya Allah bisa permanen sembuh sambil banyak istighfar & amal shaleh diperbanyak...
    sambil dijaga pola makan & istirahatnya... kebanyakan orang ketika mendengar ada obat ampuh langsung bergantung sama obat & tawakkal sama obat, bukan sama Allah, sambil makan semaunya, tanpa memperhatikan pola diet...
    Ini adalah kekeliruan...

    http://berkhasiat.web.id/1496-jual-daun-insulin-yakon

    BalasHapus
  4. sip sip sip.... banyak buanget infonya... mantapppp
    bagi yang butuh propolis sebagai anti virus anti bakteri anti oksidan klik ini ya...

    https://propolisvania.wordpress.com

    BalasHapus